Berkomitmen Tingkatkan Layanan Informasi Kampus, IAIS Lakukan Studi Banding ke Kampus UMAHA.

Perkembangan dan kemajuan sistem informasi publik pada dasawarsa hari ini merupakan sesuatu yg sudah tidak bisa dibendung, bahkan melaju dengan sangat cepat diluar ekpektasi yg diperkirakan.  Begitu halnya dengan sistem informasi  akademik yg secara cepat bertransformasi karena faktor pandemi yg sebelumnya tidak terprediksi.

Mensikapi perubahan-perubahan di atas, IAIS langsung mengambil sebuah inisiatif untuk menjadi salah satu bagian menjadi kampus yang informatif dengan melakukan Studi Banding ke Kampus Universitas Maarif Hasim Latif (UMAHA) Sidoarjo Jawa Timur, yang secara sistem UMAHA telah mempraktekan sistem informasi kampus yang sudah sangat matang, dan menjadi acuan baik kampus Negri maupun kampus swasta di Indonesia.

Menjadi salah satu kampus yang menjadi  Barometer  sistem pelayan informasi Kampus di Indonesia, tidak jadi membuat UMAHA jumawa, Justru UMAHA sangat Terbuka dan berkomitmen penuh untuk bersama-sama bekerja sama dalam memajukan kampus di Indonesia.

Prosesi kerja sama dalam memajukan kampus di Indonesia.

Hal ini sebagai mana di sampaikan oleh Rektor UMAHA Prof (Assoc) Dr. H. A. Fathoni Rodli, M.Pd. yang dalam sambutannya menýampaikan berbagai pengalaman nya mendirikan Kampus baik perguruan tinggi maupun universitas. Selanjutnya menuturkan juga bagaimana perguruan tinggi Islam mampu cepat bertransformasi dari konsep Lilaahi Taala menuju Lilahi profesional, bagaimana perguruan tinggi hari ini harus sudah mampu membudayakan internasionalisasi dalam tubuh internal kelembagaan. Komitmen sungguh-sungguh rektor kampus UMAHA untuk bekerja bersama dengan kampus lain  dipertegas Rektor dengan slogan “Kampusku adalah kampusmu, Kampusmu adalah kampusku”.

Studi banding Kampus IAIS dilaksanakan selama sàtu minggu mulai dari tgl 2-8 juli 2022, rombongan yg ikut studi banding ke kampuz UMAHA di pimpin langsung oleh Pimpinan Ponpes  Darussyifa Yaspida Sukabumi Dr. KH. E. Supriatna Mubarok, M.Sc, M.M, dan Rektor IAIS Prof. Dr. KH. Zaenal Abidin, M.Ag. Jajaran Wakil Rektor IAIS, Kabiro Akdemik IAIS, dan Tim Oprator yg terdiri dari Oprator Kampus dan oprator Pondok Pesantren Darussyifa Yaspida Sukabumi.

Selain dari studi banding, Institut Agama Islam Sukabumi (IAIS),  juga melakukan sebuah MOU dengan Kampus UMAHA guna keberlanjutan kerjasama jangka penjang Baik dalam hal pendidikan, penelitian maupun pengabdian kepada Masyarakat.

Penulis : Ateng Mulyadi, S.Kom., M.Pd

Leave a Reply