Seminar Nasional Ekonomi Syariah



Institut Agama Islam Sukabumi (IAIS) pada tanggal 05 September 2019 yang bertempat di gedung Auditorium Kampus IAIS Jalan parungseah No 43 Km 4 Desa Cipetir Kecamatan Kadudampit Kab. Sukabumi, Jawa Barat menyelenggarakan Seminar Nasional dengan tema "Perkembangan Ekonomi Syariah di Indonesia" dengan narasumber Guru Besar UIN Bandung Prof. Dr. KH. Juhaya S. Praja, M.A

Seminar ini diikuti oleh seluruh civitas akademik Institut Agama Islam Sukabumi baik karyawan, dosen, dan mahasiswa, serta tamu undangan yang menjadi peserta seminar antara lain dari Bank BNI Syariah, Bank Muamalat, Bank SinarMas Syariah, Universitas Azzahra, dan perwakilan mahasiswa se kota/kab Sukabumi.

Materi yang disampaikan mengenai sejarah ekonomi syariah dari zaman Nabi Muhammad SAW sampai yang harus diperjuangkan zaman sekarang. Mulai adanya pergeseran pemikiran dari ekonomi konvensional menuju ke ekonomi syariah.



Institut Agama Islam Sukabumi (IAIS) berdiri pada tanggal 23 Februari 2017 ditandai dengan dikeluarkannya SK DIKTIS No 1147 Tahun 2017 mengenai izin operasional Institut Agama Islam Sukabumi.

Institut Agama Islam Sukabumi terdiri dari 4 Fakultas dan 8 Program Studi.

  1. Fakultas Ushuludin: Program Studi Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir
  2. Fakultas Tarbiyah: Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, dan Manajemen Pendidikan Islam.
  3. Fakultas Dakwah: Program Studi Bimbingan Konseling Islam, dan Komunikasi Penyiaran Islam.
  4. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam: Program Studi Ekonomi Islam, dan Perbankan Syariah.