Pembukaan PPL IAIS 2021 MAN 2 Kota Sukabumi

Perguruan tinggi memiliki peranan yang penting dalam mendidik dan menghasilkan lulusan yang kompeten sehingga bisa memiliki daya saing saat terjun ke masyarakat nantinya. Salah satu yang diagendakan dalam kegiatan akademik di perguruan tinggi adalah Program Praktik Pengalaman Lapangan (PPL). Program ini dimaksudkan untuk memberikan pembekalan keahlian lapangan untuk para mahasiswa.

Institut Agama Islam Sukabumi (IAIS) juga menyelenggarakan kegiatan PPL untuk mengembangkan mahasiswa sebagai calon pendidik dan atau tenaga kependidikan. PPL ini merupakan salah satu mata kuliah yang wajib ditempuh oleh mahasiswa sebagai salah satu syarat kelulusan nantinya. Kegiatan ini dilaksanakan pada Oktober sampai November 2021 yang pembukaannya dilaksanakan di sekolah masing-masing dan dihadiri langsung oleh oleh ketua lppm Erni Johan M.MPd sekaligus ketua panitian PPL beserta sekertaris dan DPL PPL.

Dalam penyelenggaraannya, IAIS Sukabumi bekerjasama dengan 30 sekolah mulai dari tingkat RA, MI, MTs, MA, SMA, dan juga SMK. Sekolah-sekolah rujukan untuk pelaksanaan PPL merupakan sekolah-sekolah yang menjadi mitra Kerjasama IAIS Sukabumi.

Besar harapan IAIS Sukabumi supaya melalui kegiatan ini para mahasiswa dapat belajar langsung dan menerapkan apa saja yang sudah dipelajari di ruang kelas langsung di lapangan. Di samping itu, melaksanakan PPL di tengah situasi pandemi diharapkan dapat memantik kreativitas mahasiswa untuk membuat terobosan dan inovasi di bidang pembelajaran sekolah, sehingga nantinya apa yang dilaksanakan mahasiswa-mahasiswi tidak hanya membawa manfaat untuk dirinya, tetapi juga untuk sekolah dan siswa-siswi di sana.

Leave a Reply