Bimtek Penyusunan RPS Mata Kuliah Berbasis KKNI dan MBKM

IAIS, Rencana Pembelajaran Semester (RPS) adalah dokumen perencanaan pembelajaran yang disusun sebagai panduan bagi mahasiswa dalam melaksanakan kegiatan perkuliahan selama satu semester untuk mencapai capaian pembelajaran yang telah ditetapkan. Berikut adalah panduan pengisian RPS untuk format yang berlaku di Institut Agama Islam Sukabumi.

Kampus Merdeka merupakan kebijakan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, yang bertujuan mendorong mahasiswa untuk menguasai berbagai keilmuan yang berguna untuk memasuki dunia kerja. Kampus Merdeka memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk memilih mata kuliah yang akan mereka ambil.

Sambutan pembukaan Bimtek oleh Rektor Bapak. Prof. Dr. KH. Zainal Abidin, M.Ag.

Acara yang dibuka oleh sambutan Rektor Bapak. Prof. Dr. KH. Zainal Abidin, M.Ag. juga dihadiri oleh Wakil Rektor I, II dan III, dan seluruh Dekan fakultas itu diharapkan bisa memberi gambaran lebih luas dan jelas untuk segenap dosen yang ada di IAIS tentang bagaimana menyusun RPS yang baik dan sesuai dengan Kurikulum Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM).

Beliau Menambahkan Kurikulum adalah sebuah proses yang terdiri dari berbagai faktor seperti rencana, pembelajaran dan luaran yang nantinya berujung pada visi dan misi masing-masing program studi. Review pembaharuan RPS di setiap semesternya merupakan hal penting yang harus dilakukan agar materi pembelajaran bisa disesuaikan dengan kondisi dan keadaan yang terjadi di lapangan saat ini, sehingga dapat meningkatkan kompentensi dan wawasan mahasiswa dalam ilmu yang digalinya.

IAIS mengadakan Bimbingan Teknis (BIMTEK) Penyusunan RPS berbasis Kurikulum MB-KM. Kegiatan ini juga merupakan lanjutan dari kegiatan sosialisasi kurikulum MBKM. Tujuan dari kegiatan ini adalah agar dosen – dosen di lingkungan Institut Agama Islam Sukabumi dapat merancang RPS yang baik menyesuaikan dengan perubahan kurikulum di Institut Agama Islam Sukabumi.

Narasumber dari kegiatan BIMTEK Penyusunan RPS ini adalah Dr. H. Enjang AS,M.Sos. Moderator kegiatan ini adalah Ma’aruf M.Pd kegiatan dilaksanakan pada hari Rabu, 28 September 2022 pukul 09.00 sampai selesai.

Leave a Reply