Kuliah Umum Moderasi Beragama Dalam Pemanfaatan Bonus Demography

Sukabumi 8 Desember 2021, Institut Agama Islam Sukabumi menggelar kegiatan rutin setiap awal bulan yaitu “Kuliah Umum” yang langsung pembicaranya yaitu Rektor IAIS sendiri Prof Dr. KH. Zainal Abidin, M.Ag. kuliah umum kali ini mengangkat tema “Moderasi Beragama Dalam Pemanfaatan Bonus Demography”.

Kuliah umum adalah suatu kegiatan pembelajaran dimana seseorang menambah pengetahuan akademis baik itu mahasiswa, dosen serta masyarakat umum. Mahasiswa berpendapat kuliah umum bersifat positif karena hal tersebut terkadang didapat pada perkuliahan reguler yang biasanya dihadiri mahasiswa. Kuliah umum memang diperlukan untuk memberi ruang ekspansi atau pengembangan akademis, materi yang disampaikan dalam kuliah umum adalh untuk pembelajaran, dan kegiatan perkuliahannya tanpa membatasi program studi, jadi kesimpulannya kuliah umum bisa dihadiri berbagai macam program studi.

Dalam pembahasannya Bapak Rektor IAIS Prof Dr. KH. Zainal Abidin, M.Ag mengungkapkan Dalam konteks masyarakat Indonesia yang plural, agama dapat dipandang sebagai realitas objektif dalam kehidupan masyarakat bangsa, dimana pertalian antara nilai-nilai agama dan kehidupan masyarakat menjadi sebuah sistem yang saling mempengaruhi, sebagaimana disebutkan oleh Mohammed Arkoun (1999:115) bahwa Islam dan kehidupan masyarakat memang tidak dapat dipisahkan sehingga sangat logis bila artikulasi dan ekspresi keislaman tidak pernah berwajah tunggal, kendati terdapat ajaran baku yang diyakini sama-serupa, tetapi pada penafsiran, tradisi dan keyakinan akan selalu dijumpai keanekaragaman, ungkap “Bapak Rektor IAIS”.

Simak info lengkap Video di bawah ini :

Leave a Reply